Senam Japin Harus Bisa Go Nasional

Intruktur senam japin saat memimpin peluncuran di hadapan para undangan

Intruktur senam japin saat memimpin peluncuran di hadapan para undangan

Banjarmasin, KP – Tepuk tangan meriah mewarnai peluncuran Senam Japin, yang diselengarakan serangkain memperingari Hari Jadi Peko Banjarmasin ke 483, oleh Dinas Kabudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Banjarmasin, Sabtu (3/10) pagi sampai siang hari.

Bagiamna tidak kegiatan peluncuran Senam Japin yang dihadiri segenap masyarakat dan tokok pemuda, pelajar, dan diikuti para siswa-siswi SD, SMP, dan SMP juga didampingi para instruktur juga para guru-guru Olah Raga se Kota Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin yang diwakili Assisten III Drs HM Khairil Anwar mengatakan  mengatakan senam peluncuran Senam Japin yang mengangkat kesenian budaya Banjar ini diharapkan bisa memboming atau go nasional seperti senam poco-poco.

Untuk itulah diharapkan bisa disosialisasikan kepada masyarakat. Karena Banjar yang kaya akan seni dan budaya perlu memiliki karya seni yang bisa ditampilkan kepada kalayak ramai, katanya.

Untuk itulah, Pemko Banjarmasin menampilkan tari japing yang berhasil dimodifikasi menjadi senam Japing, agar menjadi wujud budaya untuk bisa diapresiasikan, sekaligus mengangkat ke skala yang lebih luas lagi.

‘’Saya yakin kalau dilakukan promo Senam Japin jika memasyarakat dan mampu menjadi go nasional, karena itulah kegiatan sosialsiasi perdana ini diharapkan bisa mengajarkan pada anak didik dan masyarakat pada umumnya,’’ucap Walikota dalam sambutan tertulisya yang dibacakan Assisten III Pemko Banjarmasin.

Langkah ini juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, agar sangat konsen dan berbagai kegiatan yang sifatnya dapat menunjang kesehatan termasuk dalam bidang olah raga. Karena berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah, tak terkecuali bagi Pemerintah Kota.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga H Hesly Junianto SH, MH mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa mengangkat dan mengembangkan kreasi tari Japing agar lebih meriah, karena bagaimanapun juga masalah kesenian Banjar ini juga mampunyai banyak kelebihan.

Selain itu juga untuk mendorong sekaligus menyukseskan Senam Japin ini, yang diluncurkan pada Hari Jadi Pemko Banjaramsin ke 483 sekaligus juga akan dilombakan pada kegiatan Hari Olahraga Nasional.

Bahkan, ujarnya, jika mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat dan pihak Pemerintah Daerah, Senam Japin ini diharapkan bisa menjadi Senam Wajib bagi seluruh instansi dan sekolah di kota Banjarmasin.

Intruktur Senam Japing Nina Yulianti mengatakan kegiatan ini memang baru, tetapi dengan kreasi gerak yang dihasilkan jika dilakukan tak kalah dengan senam poco-poco, sehingga jika usaha mengangkat senam Japin ini berhasil, paling tidak akan membantu mengembangkan kreasi bangsa Indonesia yang berasal dari Kalsel.

Malah, ujarnya, untuk mempecepat sosialisasi kepada masyarakat diharapkan bisa dilakukan lomba senam Japing, sehingga pelu juga menganggedeng seluruh intruktur senam, agar bisa dipahami dan dimengerti olah masyarakat upaya bisa menjadi senam wajib di masyarakat.(vin)

About these ads

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Oktober 4, 2009.

Satu Tanggapan to “Senam Japin Harus Bisa Go Nasional”

  1. ADA CD KASET NGGA YA KAYAKNYA BISA NIH KALAU DISOSIALISASIKAN DI KALTIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: