Orari Selamatkan SDA Kalsel

Banjarmasin, KP – Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) berperan dalam menyelamatkan sumber daya alam (SDA) Kalsel, dengan pemancaran sinyal komunikasi di Pulau Payung-payungan, Kabupaten Kotabaru.
“Adanya pemancaran ini membuat Pulau Payung-payungan teregister secara internasional, yang diakui sebagai bagian dari Indonesia dan Kalsel,’’ kata Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin pada Musda VI Orda Kalsel, Sabtu (20/6), di Banjarmasin.
Menurut Rudy Ariffin, pulau kecil dibagian luar  Kalsel ini memiliki nilai strategis, karena terletak di selat Sebuku, yang merupakan daerah cekungan gas dan minyak bumi.
“Jika tidak di register, maka pulau ini akan di register provinsi lain, karena memiliki kekayaan sumber daya alam yang besar,’’ ujarnya.
Diungkapkan,  Pulau Payung-payungan, termasuk Pulau Lari-larian yang belum teregister ini  memiliki potensi minyak bumi sekitar 5.000 barrel per hari, sedangkan potensinya belum terukur.
“Potensi SDA ini jelas akan memberikan manfaat bagi daerah, khususnya {{product sharing}} dari kegiatan penambagan minyak bumi tersebut,’’ ujarnya, mengingat kawasan ini akan segera dilakukan eksplorasi.
Disamping itu, Pemprov Kalsel memiliki komitmen untuk mendapatkan saham sebesar 10 persen dari kegiatan penambangan di wilayah ini sebagai {{golden share}}, ditambah dengan {{product share}}, agar daerah bisa menikmati kekayaan SDA.
’’Jadi Kalsel bisa menikmati kekayaan SDA, lewat {{golden share}} maupun {{product share}},  mengingat sebelumnya Kalsel hanya menikmati kerusakan lingkungan, namun tidak menikmati kekayaan hutan maupun batubara,’’ jelasnya.
Rudy Ariffin menambahkan, Orari bukan sekedar amatir, namun memiliki nilai strategis dan memberikan manfaat bagi daerah maupun negara, terutama jika terjadi bencana di suatu wilayah ataupun meregister pulau kecil
“Ini kelihatannya sepele, cuma ekspedisi dan meregister pulau, namun memiliki nilai strategis  bagi daerah,’’ tambah Rudy Ariffin, yang bersedia dipilih menjadi Ketua Orari Kalsel jika dinilai memberikan manfaat bagi organisasi radio tersebut.
Rudy Ariffin mengingat agar  Orari ke depan bisa menyesuaikan dengan kemajuan teknologi, sehingga tidak ketinggalan dengan provinsi atau negara lain saat menggelar berbagai even radio amatir.
’’Juga bisa menyusun program kerja yang menjadikan Orari Kalsel bisa lebih baik lagi, yakni program realistis dan bisa diterapkan,’’ tuturnya.
Sebelumnya, Wakil Ketua DPP Orari, IGK Manila mengatakan, agar Orasi sebagai cadangan komunikasi bisa berperan dalam emergency service, terutama membantu komunikasi di daerah yang terjadi bencana.
’’Juga melakukan ekspedisi dengan menghubungkan komunikasi antar pulau, sekaligus meregister pulau terluar di Indonesia agar tidak dicaplok negara lain, karena dianggap pulau tidak berpenghuni,’’ jelas IGK Manila, seperti halnya kasus pengambilalihan pulau oleh Malaysia. (lyn)

About these ads

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juni 21, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: