Budaya Rias Pengantin Banjar Muslim Modern

Ketua DPP Asosiasi Ahli Rias Pengantin Moderen dan Modifikasi Kun Mulyono, saat memperlihatkan tata ruas pengantin adat Banjar Modifikasi Muslim Moderen yang diperlihatkan ahli tata rias pengantin.

Ketua DPP Asosiasi Ahli Rias Pengantin Moderen dan Modifikasi Kun Mulyono, saat memperlihatkan tata ruas pengantin adat Banjar Modifikasi Muslim Moderen yang diperlihatkan ahli tata rias pengantin.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Ny Hj Emmy Mariani Tajuddin

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Ny Hj Emmy Mariani Tajuddin

Akan Ditampilkan Pada HUT Taman Mini
Banjarmasin, KP – Guna menjaga sekaligus meletarikan budaya adat Banjar, khususnya rias pengantin yang semakin hari terancam punah, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bekerjasama dengan Asosiasi Ahli Rias Pengantin Moderen dengan

menggelar Seminar Rias Pengantin Banjar Muslim Modern dan Modifikasi.

‘’Kegiatan ini sekaligus untuk memilih ahli rias pengantin Bajar dan Moderen yang akan tampil pada HUT Taman Mini Indoensia yang akan berlangsung 24-26 April mendatang,’’ucap Ketua DPD Asosiasi Ahli Rias Pengantin Moderen dan Modifikasi Kalsel Yetra Muri, saat melaporan alasan kegiatan, yang dilaksanakan di Aula Pemko Banjarmasin, Selasa (14/4).

Karena, sekarang ini memang semakin hari budaya tat riang pengantin adapt Banjarmasin teracam punah. Oleh karena itu, sebagai orang tua pihaknya wajib melestarikan dengan menggelar kegiatan agar masyarakat ahli tata rias pengantin ini merasa di bina.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Ny Hj Emmy Mariani Tajuddin mengungkapkan, dengan digelarnya seminar ini para perias dapat mengangkat kreasi dan modifikasi rias pengantin Banjar dalam melestarikan budaya banjar agar generasi muda mau menggunakannya. Mengingat saat ini generasi muda sudah banyak yang tak mau menggunakan produk dan budaya lokal.

Ia juga mengatakan untuk riasan pengantin generasi muda sekarang lebih memilih menggunakan pakaian pengantin modern seperti kebaya modern, dan pengantin Eropa, sehingga dengan diselenggarakannnya kegiatan seminar ini diharapkan mampu membantu melestarikan budaya Banjar.

Karena, ujarnya, para peserta seminar pada umumnya juga ahli tata rias pengantin, sehingga forum ini paling tidak akan membantu dan menyamaikan persepsi tata rias pengantin muslim moderen yang saat ini memang banyak sekali ditemui oleh masyarakat.

Ia juga berpesan, apa yang dilakasanakan menjadi sarana efektif untuk berkreasi, dan menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan, bagi para perias penganti. “Selain itu hasil rancangan modefikasi atau kreativitas baru, jangan sampai meninggalkan ciri khas yang kita miliki, jadi silakan untuk berkreasi namun hendaknya tetap menonjolkan ciri khas ke daerahan, dan norma-norma yang ada di masyarakat,” tutur Emmy.

Ia juga mengakui memang hasil kreasi pada riasan pengantin Banjar ini cukup banyak ragammnya, tetapi semuanya juga indah-indah sehingga dengan begitu diharapkan bisa membantu menggunakan produk local dan budaya Banjar, yang tak kalah dengan budaya daerah lainnya.(vin)

About these ads

~ oleh Narti Kalimantan Post pada April 14, 2009.

2 Tanggapan to “Budaya Rias Pengantin Banjar Muslim Modern”

  1. Yth, Ibu Narti,

    Assalamu’alaikum WW

    Perkenalkan nama saya Ananta. Insya Allah saya akan melangsungkan pernikahan dengan adat banjarmasin. Kebetulan keluarga saya dan keluarga calon suami mempunyai keturunan Banjarmasin (Kakek kami sama-sama orang Banjarmasin). Untuk itu kami bermaksud untuk menghidupkan kembali kebudayaan tersebut, walaupun pengetahuan kami sedikit mengenai adat Banjarmasin.
    Mohon kiranya Ibu dapat membantu kami untuk dapat memberikan informasi mengenai rias pengantin adat Banjarmasin.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Wassalamu’alaikum WW

  2. Boleh saya tahu alamat2 tata rias pengantin banjar di banjarmasin???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: